Friday, November 9, 2007

'Adamul 'Inad

Oleh: Reza Pahlevi
A. Ta’riful ‘Inad
Syekh Said Hawwa dalam sebuah bukunya yang berjudul Jundullah Tsaqafatan wa Akhlaqan menyatakan bahwa i’nad (pembangkangan) merupakan salah satu ciri dari orang-orang yang mendapatkan kemurkaan Allah Swt. Beliau (Syekh Said Hawwa) mengkategorikan i’nad sebagai sebuah penyimpangan.
Dari Ibnu ‘Abbas Ra, bahwa Rasulullah bersabda: “Tiga orang yang paling dimurkai Allah ialah orang yang membangkang/menyeleweng untuk melakukan yang haram, orang yang mengikuti tradisi jahiliyah dalam Islam, dan orang yang membunuh seseorang dengan tidak benar.” (HR. Muslim)
I’nad (pembangkangan) juga merupakan salah satu sifat dasar dari setan la’natullah. Setan (Syaithan) berasal dari kata kerja syathana yang mengandung arti menyalahi, menjauhi. Setan artinya pembangkang pendurhaka. Secara istilah, setan adalah makhluk durhaka yang perbuatannya selalu menyesatkan dan menghalangi dari jalan kebenaran (al-haq). Makhluk durhaka seperti ini bisa dari bangsa jin dan manusia
Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia. Dari (golongan) jin dan manusia. (QS.An Naas:1-6)
Dan Demikianlah kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, Maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (QS.Al An’am:112)

B. Sikap ‘Inad pada masa Rasul
Pembangkangan pernah terjadi di masa Rasulullah dan para sahabat, salah satunya terjadi pada saat berkecamuknya perang uhud, Dimana ketika itu Rasulullah memerintahkan pasukan pemanah yang ditempatkan di gunung uhud untuk tetap berjaga guna melindungi pasukan muslim dari kemungkinan serangan dari belakang hingga ada perintah dari Rasulullah.
Namun yang terjadi adalah sebaliknya, ketika pasukan muslim telah memukul mundur pasukan musyrikin yang meninggalkan banyak ghonimah (harta rampasan perang), sebagian pasukan pemanah meninggalkan posnya untuk ikut memungut dan mengumpukan harta rampasan perang tersebut. Hal inilah yang menjadi titik tolak kekalahan pasukan muslim. Peristiwa ini meninggalkan begitu banyak hikmah bagi kaum muslim, diantaranya: Peringatan kepada kaum mukminin dari kejelekan yang ditimbulkan akibat bermaksiat, dan Jeleknya akibat membangkang perintah Rasulullah Saw.
Sepeninggal Rasulullah Saw, terjadi banyak gejolak di dalam tubuh umat Muslim. Penyebabnya secara umum adalah pembangkangan sekelompok orang terhadap kepemimpinan Khalifaur rasyidin. Beberapa peristiwa tersebut antara lain:
1. Pembangkangan sebagian dari kaum Muslimin menolak membayar zakat pada masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Khalifah pun menyatakan perang terhadap mereka. Sebagai pembenaran beliau mengutip sebuah ayat Alquran, "Di mana saja kamu jumpai mereka, maka tangkaplah mereka ...dan jika mereka bertobat dan mendirikan shalat serta mengeluarkan zakat, maka berilah kebebasan mereka untuk berjalan." (QS At-Taubah: 5).
2. Pembangkangan sekelompok masyarakat Mesir yang memberontak kepada Khalifah Utsman bin Affan. Hal ini dilatar belakangi oleh hasutan seorang Yahudi asal Yaman yang bernama Abdullah bin Saba'
3. Pembangkangan kaum khawarij di masa kepemimpinan Khalifah Ali bin Abi Thalib, hal ini menyebabkan terpecahnya barisan umat muslim.

C. Sikap ‘Inad salah satu sifat syaithan
Dalam Al Qur’an, setan adalah sebutan umum bagi makhluk-makhluk yang tak kenal lelah bekerja siang dan malam, untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah, memperdayai manusia dengan janji kosong agar manusia menjalani hidup abadi di neraka, dan akan terus berusaha sampai Hari Akhir. Leluhur dan setan yang terbesar dari semua setan adalah Iblis, yang memberontak kepada Allah ketika Adam diciptakan. Allah menciptakan Adam dan menghendaki para malaikat bersujud di depannya. Sementara para malaikat mematuhi perintah Allah, sesosok makhluk bernama Iblis tidak bersujud dan menyatakan bahwa dia lebih baik daripada Adam. Karena pembangkangan yang sombong ini, dia diusir dari hadapan Allah.
Dalam Al Qur’an, Allah berfirman tentang pembangkangan setan terhadap-Nya, dan pengusiran setan dari hadapan-Nya: Sesungguhnya kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat, "Bersujudlah kamu kepada Adam." Maka mereka pun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. Allah berfirman, "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis, "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah." Allah berfirman, "Turunlah kamu dari surga itu; Karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, Maka keluarlah, Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina." (QS. Al-A’raaf: 11-13)
Dalam menggoda manusia, setan dari bangsa jin itu masuk ke dalam diri manusia, membisikkan sesuatu yang jahat dan membangkitkan nafsu yang rendah (syahwat). Selain menggoda dari dalam diri manusia, setan juga menjadikan wanita, harta, tahta, pangkat dan kesenangan duniawi lain sebagai umpan (perangkapnya, Dihiasinya Kesenangan duniawi itu dihiasinya sedemikian menarik hingga manusia tergoda, terlena, tertutup mata hatinya, lalu memandang semua yang haram jadi halal. Akhirnya manusia terjerumus ke dalam lembah kemaksiatan/kemungkaran. Maka manusia yang telah mengikuti ajakan setan, menjadi hamba setan, dalam al-Quran juga disebut setan dan golongan mereka juga disebut golongan setan (hizbusy-syaithan).

D. Dampak ‘Inad terhadap soliditas tim
I’nad (pembangkangan) sangat berdampak buruk pada soliditas tim. Hal ini dapat kita lihat dari perjalanan sejarah umat islam, dimana umat islam terpecah belah akibat pembangkangan sekelompok orang yang merupakan bagian dari umat Islam. Fitnah Syiah dan Khawarij menjadi contoh nyata betapa pembangkangan menjadi pemicu perpecahan dalam umat.
Dalam konteks tim yang lebih kecil, pembangkangan akan menimbulkan ketidak kompakan antar sesama personil tim dan dapat memicu timbulnya friksi-friksi serta faksi-faksi dalam tim.

E. Masalah saat sekarang
I. ‘Inad kepada Allah SWT.
Perbuatan maksiat hakikatnya merupakan pembangkangan terhadap Allah Swt. Hal ini dikarenakan Allah Swt telah jelas melarang hamba-Nya untuk melakukan kemaksiatan.
“Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-Nya takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih.” (QS.An Nuur:63)
“Sesungguhnya azab Tuhanmu benar-benar keras.” (QS.Al Buruj:12)
“Dan begitulah azab Tuhanmu, apabila dia mengazab penduduk negeri-negeri yang berbuat zalim. Sesungguhnya azab-Nya itu adalah sangat pedih lagi keras.” (QS.Huud:102)
Dari Abu HurairohRa. Dari Nabi Saw, Beliau bersabda: “Sungguh, Allah Ta’ala mempunyai sikap cemburu, cemburu jika sesorang mengerjakan apa yang diharamkan-Nya” (HR. Bukhari & Muslim)

II. ‘Inad kepada Rasul-Nya
I’nad (membangkang) kepada Rasulullah berimplikasi pada ketaatan kepada Allah Swt. Membangkang kepada Rasulullah Saw dapat juga diartikan membangkang pada Allah Swt. Adapun hal-hal yang dapat dikategorikan pembangkangan terhadap Rasululah Saw, antara lain:
a. Tidak mengimani, mencintai, membela, dan menghidupkan sunnahnya
b. Mengingkari apa yang dikabarkannya (Risalah Rasullah Saw)
c. Melanggar semua yang diperintahkannya dan tidak menjauhi apa yang dilarangnya.
d. Beribadah tidak sesuai apa yang dicontohkannya

III. ‘Inad kepada Pemimpin
Barangsiapa yang melawan/membangkang terhadap pemimpin kaum Muslimin, sementara kaum Muslimin telah sepakat untuk mengangkatnya atau menjadi pemimpin dengan kekuatannya, maka ia telah keluar dari apa yang diperintahkan Rasulullah Saw.
Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang mendatangi kalian dalam keadaan perkara kalian berada dalam satu pemimpin lalu ia hendak mematahkan tongkat (persatuan kalian) atau memecah-belah jama’ah kalian maka bunuhlah ia.” (HR. Muslim)
Hal ini berarti rakyat wajib membela pemerintah dalam kebenaran, meskipun mereka tidak menunaikan hak-hak rakyatnya. Karena hal ini mengokohkan kaum muslimin. Terlebih lagi bila ada sekelompok pembangkang yang ingin memeberontak atau keluar dari ketaatannya.
Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang telah membaiat seorang imam lalu memberikan hasil tangan (kesetiaan) dan buah hatinya, maka memberilah jika mampu. Jika ada orang lain datang menentangnya, maka bunuhlah yang kedua tersebut.” (HR. Muslim)
Ibnu Khaldun berpendapat (tentang pembangkangan) bahwa hal itu tidak akan bermanfaat bagi kaum Muslimin. Yaitu mereka yang melakukan revolusioner untuk mengubah sistem pemerintahan. Banyak kaum muslimin yang menjadi terpecah belah dan menjadi korban (wafat).
Hasan Al Bashri berkata, “Sekiranya manusia dapat bersabar atas zhalimnya penguasa maka Allah akan mengangkat derita atas mereka. Akan tetapi mereka lebih memilih pedang yang berbicara. Demi Allah, mereka tidak akan membawa kebaikan walau seharipun.”

MARAJI’
· Imam Nawawi “Riyadhus Shalihin”
· Muhammad Al Ghazali “Fiqh Sirah “
· Said Hawwa “Jundullah Tsaqafatan wa Akhlaqan”
·
http://www.eramuslim.com/
·
http://www.swaramuslim.net/